Monday, July 13, 2009

#13

Kupikir, sudah sangat banyak tayangan-tayangan reality show yang muncul di televisi kita.
Mulai dari cari-cari jodoh, memecahkan suatu masalah, berbagi uang, atau melakukan pencarian terhadap seseorang atau keluarga mereka.
Dan pastinya, produk-produk seperti itu menjamur karena memang masyarakat kita 'membutuhkan' itu.
Entah dibutuhkan hanya sebagai tontonan, ataupun sebagai 'biro jasa' penyelesai masalah mereka.

Sudah banyak kudengar mereka disalah-salahkan.
"yang salah ya pembuat acaranya, kekurangan orang kok dimanfaatkan"
atau
"mau-maunya masalah pibadinya dipublikasikan, apa cuma nyari sensasi?"

Aku ingin kali ini berfikir dari sisi lain,
yang mungkin sebelumnya tak pernah kupikirkan karena aku juga sibuk berfikir seperti kebanyakan orang.

Apa yang membuat orang-orang itu mau mengumumkan masalahnya ke seluruh Indonesia?
Apa yang membuat orang-orang itu berharap orang asing yang belum tentu mengenal mereka mampu membantu menyelesaikan masalahnya?
Apa yang sebenarnya mereka butuhkan?
Toh apa yang dilakukan oleh reality show itu bisa dilakukan oleh orang banyak.
Mengikuti orang menggunakan kendaraan secara sembunyi-sembunyi,
menanyakan alamat suatu tempat dengan bertanya dari orang satu ke orang lain,
atau menjadi penengah bila kedua pihak sudah saling bertengkar.
Lalu mengapa mereka memilih acara televisi tersebut untuk memecahkan masalah mereka?
APAKAH TAK ADA SATUPUN TEMAN YANG MAU MEMBANTU MEREKA SAMPAI-SAMPAI MEREKA HARUS MEMINTA BANTUAN KEPADA ORANG ASING???

Entah mengapa pikiran itu melintas di otakku.
Aku tak mau menjadi teman seperti itu.
Aku tak ingin sahabatku tak merasa memiliki aku sehingga mereka harus bersusah payah mencari orang lain yang tak mereka kenal untuk membantu mereka.

Terlepas dari semua prasangka orang mengenai acara-acara reality show seperti itu..

AKU TAK INGIN SAHABATKU MENJADI BAGIAN DARI ORANG-ORANG ITU


Ingatkan aku jika aku mulai menyimpang
membuat kalian merasa tak punya siapa-siapa lagi
tak masalah jika memang hanya aku yang sanggup mendengarkan ceritamu
dan orang-orang lain lebih memilih untuk menyalahkanmu sebelum kau selesai menceritakan masalahmu.

Aku percaya bahwa tak ada yang mutlak benar kecuali Tuhan
dan tak ada yang mutlak salah kecuali setan
dan aku yakin kau bukan keduanya

Jadi bila pemikiranku ini benar,
aku akan selalu ada untukmu kawan..


whoaaaaaa
aku bisa puitis!!!
hihihihihihihi........

7 comments:

  1. mantapp...
    nggak perLu nyeseL dong aku punya mb anin...
    hehhee....
    tapi jujur, kaLo aku Liat YM orang pertama yang aku cari pasti mb anin,percaya nggak??
    tadinya sihh dy,tapi ternyata mb anin Lebih "hot" dari dy..
    hyahahahahaaaa.....

    I Love You dehh...Mamiii....

    ReplyDelete
  2. Wah, aku hot?
    ngeri juga..
    hehehe
    jangan2 aku orang yg pertama kmu cari di YM karena aku masih punya utang?!
    hahaha..

    ReplyDelete
  3. hahh??
    utang apaan mb??
    kayaknya nggak ada dehhh

    utang nyombLangin??
    hyahahahaaa.....

    ReplyDelete
  4. kyknya bukan karena ga ada temen2 ato sodara yg ga mau menolong, tapi karena dia ga mo minta ke temen2 dan sodaranya, lebih memilih televisi, karena mereka ga sadar dan ga (mau) melihat sodara dan temennya itu, karena program di televisi itu sangat menggiurkan dan menyilaukan. Silaunya membutakan mata mereka hingga tidak melihat bahwa masih ada teman2 dan sodara2 yg masih bisa membantu di sekitar mereka...

    tuh, aku juga bisa puitis kan, hahaha...

    ReplyDelete
  5. Kalo minta tolong teman ga masuk tivi mbak... :p

    ReplyDelete
  6. ::ditter
    itu bukan puitis dit,
    masih kayak prosa gitu
    (emang prosa apaan coba)

    ::ejak
    wah, ejak mau masuk tipi juga ya jak?
    ayo jak, kamu mau cari apa?
    aku tak jadi orang antagonisnya
    pura2 marahin kamu,
    jutekin kamu,
    sapa tau tar malah jadi terkenal
    :D

    ReplyDelete