Tuesday, September 25, 2007

#5

hari ini aku bener2 lagi minat nulis..
mungkin karena dah gak lama bisa ngetik2 sesantai ini..
biasanya kalo ga ngetik tugas ya ngetik syntax program
(sok rajin banget..)

belakangan ini aku sering2 kepikiran sesuatu..
tentang puasa..
tentang bulan Ramadhan..
tentang warung makan..
mungkin keliatan gak penting
tapi aku kadang2 bener2 kepikiran

sering ngrasa susah gak sih cari tempat makan siang2 pas bulan Ramadhan??
kalo pas kebetulan lagi gak sholat..
ato temen kita ada yang non-Muslim..

jangan2 buat nyari makan siang aja mesti cari t4 makan yang 'punya nama'
yang jelas open 24 hours, n punya harga selangit itu
lah gimana??
warung2 murah banyak yang gak buka
padahal temen2 kita yang gak puasa gak semuanya cukup kaya buat cari makan di tempet kayak gitu
dan mereka juga gak semuanya cukup kuat sampe harus nahan gak makan ampe sore juga

atas nama toleransi??
ada benernya juga
mereka harus toleransi sama kita
tapi...
kita juga harus toleransi sama mereka!!

ada bebreapa kejadian
warung makan ditutup paksa gara2 mereka jualan di siang hari
gak kasian apa??
however mereka menggantungkan hidup dari jualan makan
ya gak si??
tau deh..

sebenernya pemikiranku ini muncul karena sekarang aku berada di tengah temen2 yang punya beragam agama
kalo dulu mungkin cuma diantara 3 agama, Islam, Kristen, Katholik (maap y kalo salah tulis)
tapi sekarang ada temen2 beragama Hindu yang cukup banyak ada di sekitarku
dan aku juga gak jarang mengamati bagamana mereka beribadah sama Tuhan mereka

cara mereka menghormati kita sebagai umat Muslim dalam banyak hal,,
membuat aku berfikir 1000 kali
apakah kita sudah cukup menghormati mereka saat melakukan ibadah kita (puasa-red)??
let's think..

...

2 comments:

  1. betul...betul...
    saya juga ndak setuju ketika kata "toleransi" dipakai untuk menghaluskan arti "kesemena2an beragama" ;)

    kesannya kok ya kayak mentang2 mayoritas. padahal seharusnya kita sadar bahwa kita ini cuma mayoritas minor diantara minoritas yang mayor :D

    ReplyDelete
  2. cara kita mengasihi orang yang beragama lain adalah dengan berdakwah dengan mereka. Jika kehidupan islam tegak, maka suasana kondusif yang mendukung kaum muslimin yang sedang berpuasa di bln ramadlan harus diciptakan. Itu cara kita menghormati syariah.

    ReplyDelete