Monday, August 3, 2009

#15

Postingan ini dibuat karena aku tau rasanya jadi mahasiswa yang ingin lulus,
tapi tak jelas prosedur apa yang harus dilakukan setelah menyelesaikan tugas akhir.

Jadi inilah yang harus dilakukan:

Setelah tugas akhir selesai dikerjakan,
bab 1 hingga akhir juga sudah dibuat dan dikonsultasikan ke dosen,
lengkapi tugas akhir itu dengan cover, halaman judul, dll sesuai dengan yang ada pada panduan penulisan tugas akhir.
Selanjutnya, ajukan kembali ke dosen untuk mendapatkan acc (=tanda tangan di ujung halaman sampul).

Tunjukkan tanda tangan tersebut ke sekretariat ilkomp,
maka akan diberikan formulir pendaftaran pendadaran.
Isi terlebih dahulu data-data pribadi pada formulir,
untuk nama-nama dosen penguji sebaiknya diisi saat bertemu dengan dosen pembimbing,
hal itu karena tak semua dosen membebaskan mahasiswanya memilih sendiri dosen pengujinya,
apalagi, formulir tersebut tetap harus dimintakan tanda tangan dosen pembimbing.

Setelah semua hal yang bersangkutan dengan dosen pembimbing selesai,
atau saat dosen sedang sulit ditemui dan tak ada yang bisa dilakukan, siapkan saja:
1. fotokopi krs
2. fotokopi slip spp semester terakhir
3. fotokopi slip bop semester terakhir
4. fotokopi ktm
5. transkrip nilai
6. kartu merah/pink (yang biasa digunakan saat konsultasi)
7. kartu ijo (daftar hadir pendadaran)
8. fotokopi skripsi 3x, cover menggunakan kertas hvs biru muda

Kalau semuanya sudah didapatkan, satukan dengan formulir dan kumpulkan kembali ke sekretariat,
kemudian tunggu hingga jadwal pendadaran dikeluarkan sambil membuat presentasi tugas akhir.

Saat jadwal pendadaran sudah diketahui,
undangan pendadaran dapat diambil di sekretariat,
(namun sampai saat ini aku tak tau apa fungsi dari surat undangan tersebut)

------------------------
proses pendadaran
------------------------

Pendadaran sudah selesai,
biasanya akan diminta melakukan revisi, ini, itu, dan lain lain..
Setelah revisi dilakukan,
siapkan lembar pengesahan,
kertas lembar pengesahan adalah kertas tebal berwarna putih tulang dengna lambang UGM di tengahnya.
Tanda tangan yang harus diminta pertama kali adalah para penguji,
kemudian bila tanda tangan penguji semua didapat, barulah bisa dimintakan tanda tangan pembimbing.

Bila semua tanda tangan sudah didapat,
berarti tugas akhir sudah diterima,
buat rangkuman tugas akhir.
Susunan rangkuman tersebut mirip dengan tugas akhir, namun tanpa kata pengantar dan lembar persembahan.
Jangan lupa juga untuk membeli kertas tipis berwarna biru muda yang memiliki lambang UGM di tengahnya,
jumlahnya sesuaikan dengan jumlah bab dan jumlah kopi tugas akhir anda,
kertas biru tersebut dipasang di antara bab pada tugas akhir,
jadi silakan hitung sendiri jumlah bab*jumlah kopian yang diminta.

Semua sudah disiapkan, silakan pilih fotokopian mana yang cukup baik untuk menfotokopi dan menjilid tugas akhir,
tugas akhir dikopi 3 kali, antar bab diberi kertas pembatas, dan dijilid hard cover dengan buffalo biru tua,
sedangkan rangkuman tak perlu diberi kertas pembatas, dan dijilid laminating dengan buffalo biru tua jua,
keterangan-keterangan tentang fotokopi dan jilid ini bisa ditanyakan kepada petugas perpustakaan yang ada tugas akhirnya,
biasanya di sana diberikan sampel kertas untuk cover.

Sebagai persiapan untuk yudisium, silakan mencicil menyiapkan hal-hal di bawah ini:
1. surat bebas pinjam (dari perpustakaan sebelah barat ruang sidang, dengan membawa fotokopi ktm, gratis)
2. surat bebas pinjam (dari upt 2 lantai 2, dengan membawa fotokopi ktm, lalu ke lantai 1 untuk mencetak surat bebas pinjam, anggota bayar 10 ribu, non anggota 15 ribu)
3. surat bebas pinjam alat (dari gedung pusat bagian kemahasiswaan, sebelah utara barat, dengan membawa fotokopi ktm, gratis)
4. transkrip nilai (bayar 1000)
5. khs semester 1 sampai selesai (bayar 1000*jumlah semester)
6. fotokopi slip spp semester terakhir
7. fotokopi slip bop semester terakhir
8. abstract
9. intisari
10. tanda terima tugas akhir dari perpustakaan (dijelaskan lebih lanjut di bawah)
11. berita acara pendadaran (dijelaskan lebih lanjut di bawah)
12. formulir pendaftaran yudisium (dari pengajaran mipa utara)
13. CD berisi dokumentasi tugas akhir dalam bentuk pdf
14. foto 3x4 hitam putih 5 lembar, 2x3 2 lembar (detail penggunaan dijelaskan di bawah)
15. fotokopi sttb
16. uang 310 ribu

Setelah fotokopi dan jilid tugas akhir dan rangkuman selesai dilakukan,
1 buah fotokopi tugas akhir, ringkasan tugas akhir, dan CD dikumpulkan ke perpustakaan yang ada tugas akhirnya,
nanti akan didapatkan lembar tanda terima tugas akhir (= poin 10).
Tunjukkan tanda terima tersebut ke sekretariat,
maka akan diberikan berita acara pendadaran (= poin 11).
1 buah fotokopi tugas akhir yang lain diberikan ke dosen pembimbing dan 1 lagi untuk kita sendiri.

Cek kembali transkrip yang telah dicetak, apakah ada mata kuliah yang belum tercantum, atau nilai belum keluar.
Tulis nama mata kuliah apa saja yang belum tercantum beserta nilainya, juga nilai yang belum keluar (termasuk tugas akhir) di bagian bawah transkrip.
Bila ada mata kuliah yang ingin dihapus, isi formulir yudisium, khususnya lemba penghapusan mata kuliah.
Serahkan transkrip yang sudah diberikan catatan tersebut, berita acara pendadaran,
beserta lembar pendaftaran yudisium (bagi yang ingin menghapus mata kuliah; formulir belum perlu tanda tangan DPA), ke bagian pengajaran mipa utara.
Biasanya akan diminta menunggu selama 2 hari sampai transkrip baru diterbitkan.

Sementara menunggu, siapkan saja berkas-berkas pada point-point di atas yang belum tersedia.

Bila semua nilai sudah sesuai dengan yang seharusnya,
transkrip, berita acara, dan formulir akan dikembalikan lagi untuk dimintakan tanda tangan pada DPA.
Setelah tanda tangan didapatkan, kumpulkan semua berkas sesuai dengan lembar pertama formulir yudisium (point 1-12) ke bagian pengajaran mipa utara,
selanjutnya akan diminta mengisi stopmap yang terdapat isian mengenai data diri, orang tua, dan 1 lembar foto 3x4 hitam putih (sudah termasuk dalam point 14).

Pengumpulan berkas yudisium sudah dilakukan,
yang dapat dilakukan selanjutnya adalah mendaftar wisuda.

Pendaftaran dilakukan di mipa utara (sebelah timur pengajaran, yang ada pintu masukknya),
yang harus dibawa pada saat mendaftar adalah fotokopi sttb (untuk pencocokan nama dengan ijazah sebelumnya).
Di dalam ruang, akan diberikan formulir pendaftaran, mengisi buku besar tentang nama, alamat, dll, dan input data calon wisudawan oleh petugas.
Setelah selesai input data, isi formulir pendaftaran wisuda, serta tempel foto 3x4 1 lembar (sudah termasuk dalam point 14) di lembar terdepan dan 2x3 2 lembar (sudah termasuk dalam point 14) di lembar ke dua.
Selanjutnya, fotokopi lembar pertama formulir pendaftaran sebanyak 2 kali,siapkan uang 310 ribu (= point 16) dan 4 buah foto 3x4 hitam putih (sudah termasuk dalam point 14) dalam tempat terpisah (diplastik atau semacamnya).
Kemudian kumpulkan formulir pendaftaran wisuda, fotokopi lembar pertama, uang, dan foto dalam tempat terpisah ke tempat kita input data wisuda sebelumnya, maka kita akan diberikan bon peminjaman toga.

Jangan lupa, cari pengumuman mengenai apa yang harus dilakukan menjelang wisuda dan tanggal-tanggal untuk mengambil toga, undangan, dan gladi bersih.
Selanjutnya, kupikir tinggal mengikuti jadwal yang ada, tak ada prosedur yang cukup repot lagi, jadi tak perlu kuperpanjang postingan ini.

Semoga ini dapat berguna untuk siapapun yang membutuhkan.

6 comments:

  1. nin, repoooot
    huhuhuw
    mau lulus tapi males ngurus
    *halah, padahal TA aja belum coding*

    ReplyDelete
  2. Mantab!
    Makasih infonya...InsyaAlloh saya segera menyusul.

    ReplyDelete
  3. Waaahhh... nice post!! sepertinya berguna banget buat aku dan teman2 senasib lainnya, hehehe...

    ReplyDelete
  4. lebih baik di buat dalam bentuk pdf lalu di kirm ke pegajaran ke 18 fakultas di UGM ^^

    ReplyDelete
  5. undangan pendadaran itu cuman konfirmasi, gunanya biar akademik tahu kalo kita udah tahu jadwal pendadarannya
    Jadi kalo sampai h-1 pendadaran kita belum ngambil undangan, akademik nganggepnya kita belum tahu jadwal, ntar ditelpon sama akademik, dikasih tau besok pendadaran #:-s

    ReplyDelete
  6. info ini sangat membantu nin...hehehe...

    sebentar lagi aku mengalami masa2 "ribet" kaya gini...

    ReplyDelete